Sabtu, 19 September 2015

Ribuan Peserta Ikuti Jumbara PMR

Salam Satu Jiwa, Kegiatan PMR memang tidak ada hentinya, seperti yang di selenggarakan di Purbalingga.




Sekira 1.436 peserta mengikuti kegiatan Jumpa Bhakti dan Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) IX PMI Kabupaten Purbalingga 2015. Peserta terdiri dari 552 peserta PMR Madya, 672 peserta PMR Wira, 102 pembina, 30 evaluator, 60 panitia kabupaten dan 20 panitia lokal.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Pj Bupati Purbalingga Drs Budi Wibowo MSi itu, digelar di Lapangan Desa Karanggambas, Kecamatan Padamara, Kamis (17/9) hingga Minggu (20/9).

Pj Bupati Purbalingga dalam sambutannya mengatakan, Jumbara PMR yang digelar dua tahun sekali tersebut, bisa menjadi langkah cerdas untuk meningkatkan kualitas relawan muda PMI dari waktu ke waktu.

“Yang tak kalah pentingnya adalah peserta (Jumbara PMR) pada akhirnya setelah selesai kegiatan, mampu berperan menjadi agen perubahan bagi masyarakat,” katanya, saat membuka acara.

Terpisah Sekretaris PMI Kabupaten Purbalingga H Moch Ichwan SH mengatakan, penyelenggaraan Jumbara PMR kali ini, dipastikan akan lebih objektif dan transparan. Sebab, kali ini seluruh tim juri berasal dari luar Kabupaten Purbalingga.

“Kami mendatangkan juri dari PMI yang ada di wilayah Barkorwil III. Ada 10 juri dari 10 daerah yang kami datangkan, untuk memberikan penilaian,” imbuhnya.

Dia menambahkan, untuk juri yang berasal dari Kabupaten Purbalingga menurutnya, ditarik dari kalangan profesional yang independen. “Kami hanya bertindak sebagai penyelenggara. Masalah penjurian kami serahkan kepada tim juri, yang tak satupun berasal dari kepengurusan,” lanjutnya.

Ketua Panitia Pelaksana Jumbara Rukmwan Suci Laswono SE mengatakan, Jumbara PMR kali ini, diikuti oleh 50 pangkalan PMR se Purbalingga. Terdiri dari 23 peserta Madya atau SMP dan 27 peserta Wira atau SMA.

“Ada 20 lomba yang kami pertandingkan. Jumbara merupakan kegiatan rutin dua tahunan guna mengevaluasi pembinaan PMR Madya dan PMR Wira,” imbuhnya.

Dijelaskan Rukmawan, kegiatan Jumbara dilaksanakan dengan konsep kegiatan evaluasi peragaan atau praktek, evaluasi teori, serta ditambah dengan berbagai penambahan pengetahuan lewat workshop dan life skill station.

Kegiatan pada garis besarnya dibagi tiga yakni kegiatan Jumpa yang meliputi travelling kepalangmerahan, kreasi remaja, peningkatan ketrampilan dan cerdas tangkas ke-PMR-an. Kegiatan Bakti meliputi bakti sosial pembagian alat tulis, penanaman pohon produktif, kerja bakti bersih-bersih lingkungan, dan K-3 perkemahan.

”Sedang kegiatan Gembira meliputi paduan suara, pentas seni, olahraga persahabatan, out bond, defile kontingen, dan anjangsana,” rincinya.

( Sumber : http://berita.suaramerdeka.com/ )

0 komentar:

Posting Komentar