Kamis, 17 September 2015

Dirgahayu PMI ke-70

Hari ini Kamis (15/9) bertepatan dengan hari peringatan70 tahun Palang Merah Indonesia (PMI). Sebuah organisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan ini dibentuk persis pada 17 September 1945.
PMI bergerak demi menyelematkan korban yang membutuhkan pertolongan untuk keselamatan jiwanya. Pergerakan PMI ini tanpa memihak golongan politik, ras atau suku manapun.




PMI sebetulnya berdiri sebelum Perang Dunia II dimulai, tepatnya pada 12 Oktober 1873 dengan nama Nederlandsche Roode Kruis Afdeeling Indiƫ (NERKAI). Namun organisasi ini dibubarkan oleh pihak Jepang.

Pembentukan PMI dimulai pada 3 September 1945. Saat itu,Soekarno memerintahkan Menkes Dr. Boentaran untuk membentuk PMI. dibantu lima orang, yakni Dr. R. Mochtar sebagai ketua, Dr. Bahder Djohan sebagai penulis dan tiga anggota panitia yaitu Dr. R. M. Djoehana Wiradikarta, Dr. Marzuki, Dr. Sitanala, Boentaran akhirnya membentuk PMI yang resmi pada tanggal 17 september 1945.

Saat ini, PMI telah menginjak usia ke 70 tahun. Masyarakat Indonesia tentu saja menaruh harapan kepada PMI untuk terus membantu mereka yang membutuhkan. Jaya Palang Merah Indonesia!

( Sumber : http://news.merahputih.com/ )

0 komentar:

Posting Komentar