Kamis, 24 September 2015

Menghindari Dehidrasi Saat Musim Panas

Salam Satu Jiwa, Satu hal yang harus diwaspadai saat cuaca panas adalah dehidrasi. Pada cuaca panas, air dibutuhkan untuk mencegah tubuh dari kepanasan. Ketika tubuh membuang panas melalui keringat, jumlah air di dalam tubuh juga menurun. Kekurangan air dapat mempengaruhi fungsi tubuh secara umum. 




“Hidrasi menjadi sangat penting karena sebagian besar tubuh kita terdiri dari air. Keseimbangan antara air dan elektrolit lainnya di dalam tubuh memegang peranan penting dalam menjalankan sistem tubuh termasuk otot dan syaraf,” ucap Larry Kenney, PHD., seorang professor di bidang fisiologi dan kinesiologi dari Universitas Penn State, yang dilansir oleh WebMD.

Badan Pengawasan Keamanan Makanan Eropa merekomendasikan perempuan untuk mengonsumsi setidaknya 1,6 liter (sekitar 8 gelas) air. Sementara kebutuhan cairan pada laki-laki mencapai 2 liter (sekitar 10 gelas) sehari. Jumlah itu bergantung pada aktivitas yang dilakukan dan cuaca di luar sana. Jika Anda sering berolahraga di luar ruangan saat cuaca sangat panas, maka Anda membutuhkan banyak tambahan cairan.

Gejala Dehidrasi

Haus adalah tanda pertama Anda mengalami dehidrasi. Selain itu Anda mungkin akan merasa cepat kelelahan dan sakit kepala. Perhatikan warna dan jumlah urin Anda karena semakin gelap warnanya dan semakin sedikit jumlahnya menandakan Anda mengalami dehidrasi.

Tips Menghindari Dehidrasi

Lakukan beberapa tips mudah ini untuk menghindari dehidrasi:

  • Minum segelas air saat makan dan diantara waktu makan, dan juga pada saat sebelum dan sesudah Anda berolahraga.
  • Bawa air minum ketika Anda berolahraga di luar sehingga Anda dapat minum kapan saja Anda merasa haus, Minumlah setiap 15 – 20 menit sekali.
  • Air putih adalah yang terbaik, namum jus dan susu dapat menjadi pilihan kedua. Perhatikan jenis minuman yang Anda pilih karena minuman seperti kopi dan minuman berenergi yang tinggi kafein dapat meningkatkan dehidrasi dan bukan mencegahnya.
  • Hindari alkohol.
  • Hindari diet tinggi protein dan kurangi jumlah garam dalam makanan Anda.
  • Jika Anda merasa bosan dengan air putih, simpanlah infused water, air dengan potongan timun ataupun lemon di lemari pendingin. Sehingga tidak ada lagi alasan Anda untuk tidak minum.
  • Gunakan pakaian dengan warna cerah dan bahan ringan saat berpergian.
( Sumber : http://www.kalcare.co.id/ )

0 komentar:

Posting Komentar