Kamis, 24 September 2015

Agar Jantung Anda Tetap Sehat

Salam Satu Jiwa, Jantung merupakan organ tubuh yang paling vital. Ketika jantung berhenti berdetak sekali saja, dapat berakibat fatal. Untuk mendapatkan jantung sehat Anda perlu menerapkan pola hidup sehat. Anda tidak perlu membayangkan pola hidup sehat yang terkesan berat dijalani. Berikut adalah beberapa gaya hidup sehat yang sederhana, namun punya efek besar terhadap kesehatan jantung Anda:




Tidak Merokok

Merokok merupakan salah satu aktivitas penyebab utama seseorang sakit jantung. Zat-zat kimia di dalam rokok dapat menimbulkan plak-plak yang mengotori jantung Anda. Nikotin pada rokok dapat menyumbat oksigen yang akan masuk ke jantung. Tidak hanya berisiko terkena serangan jantung, merokok juga dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis lainnya, seperti gangguan pernapasan, kanker, dan impotensi.

Gerakkan Tubuh

Aktif menggerakkan tubuh dapat meningkatkan fungsi jantung serta menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Anda cukup meluangkan waktu untuk berolahraga ringan minimal 30 menit sehari. Membersihkan pekerjaan rumah sendiri juga dapat membuat Anda terus bergerak sehingga kesehatan jantung pun terjaga dengan baik.

Konsumsi Makanan Sehat

Anda tidak perlu menerapkan diet ketat untuk mendapatkan jantung sehat. Kuncinya adalah pastikan makanan yang masuk ke dalam tubuh mempunyai manfaat. Misalnya, daripada minum minuman bersoda atau kafein, lebih baik ganti dengan jus segar campuran sayur dan buah. Anda juga dapat menggunakan sereal gandum atau ikan salmon yang kaya akan omega 3 untuk menu sarapan Anda.

Jaga Berat Badan

Tahukah Anda bahwa kelebihan berat badan dapat memicu sakit jantung? Hal ini disebabkan pembuluh darah menuju jantung tersumbat oleh lemak sehingga aliran darah tidak berjalan lancar. Tipnya, disiplin dengan jam makan dan jangan lewatkan sarapan supaya Anda tidak berlebihan ketika makan.

Tidur Cukup

Ketika kita kurang tidur, maka peluang terkena obesitas, tekanan darah tinggi, stres, dan serangan jantung akan lebih besar. Jika Anda merasa sudah cukup tidur namun masih merasa mengantuk di siang hari, sebaiknya Anda mengonsultasikan kepada dokter Anda untuk memastikan Anda tidak terkena obstructive sleep anea. Gangguan tidur ini dapat menyebabkan aliran udara pada batang tenggorokan tidak berjalan dengan lancar sehingga menyebabkan berhenti bernapas sementara.

( Sumber : http://www.kalcare.co.id/ )

0 komentar:

Posting Komentar